Label

Tips Percaya Diri Berbicara di Depan Umum (Pidato, Ceramah, Publik Speaking)

Tips percaya diri didepan umum memang sudah ada dibahas diblog dan artikel lain bahkan buku-buku yang memang terspesialisasi di publik speaking. Namun blog ini akan mencoba menelusuk kehati sanubari para pembaca agar bisa lebih memaknai cara-cara tampil pede depan umum.




1.      Siapkan Bahan Pembicaraan, bahan pidato disini berisi konsep-konsep dan kata kuci yang akan anda katakan pada saat tampil. Terserah itu berbau politik, sosial, keagamaan, budaya, Teknologi dll. Walaupun kedengaran membosankan, tapi hal ini cukup penting. Bagaikan lidah tanpa air liur, sehingga lidah kurang “srepppp...”  tanpa pelumas dalam menyampaikan ide pembicaraan.

2.       Latihan terlebih dahulu, anda wajib dan mesti melakukan ini kalau mau sukses. Caranya gampang, metode pertama  itu berdiri tegak depan cermin yang bersih kinclong sambil berpidato ringan dengan diri sendiri. Lihat kecermin, tatap dan dalami bentuk ekspresi wajah anda ketika sedang latihan depan cermin, jika anda tertawa artinya wajah anda memang pantas ditertawakan audiens karena bermain-main ketika pidato. Metode kedua itu ketika lagi mandi dengan ukuran kamar mandi yang cukup membuat suara berpantulan kesannya itu seperti sedang berbicara keras, sehingga orang-orang yang mampu melihat peluang akan memanfaatkan kesempatan itu untuk latihan bebicara depan umum walaupun ia hanya sendiri, toh semuanya diawali dengan angka 1 sebelum jadi 100ribu. Metode latihan terakhir ini khusus buat yang lagi kepepet, dengan menggunakan kaca spion motor anda bisa memanfaatkan waktu berkendara menuju tempat anda berpidato dengan latihan sejenak diatas motor. Upayakan kecepatan motor anda tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat, sambil bercuap-cuap  latihan mengahadap spion motor usahakan tetap memperhatikan jalanan sambil sejenak melihat ke depan. Anggap saja pengemudi lain itu sebagai audiens yang meperhatikan anda sedang berpidato.

3.       Kurangilah berpikir negatif, nah ini salah satu PENYEBAB terparah ketika orang-orang tampil didepan umum. Mereka merasa diri mereka itu payah, tidak mampu, jelek, ingusan, kampungan, asal-asalan, tidak tahu malu, pencuri, pengedar narkoba,  dan sejenis lainnya. Tapi percayalah tidak ada satupun alasan yang bisa menjadi alat ukur buat membandingkan bahwa mereka itu lebih mampu dari diri anda. Mereka hanya ternganga mendengar apa yang anda katakan, anda memiliki hak dan kendali bicara. Jadi kenapa harus tidak percaya diri tampil berbicara dihadapan umum?

4.       Handalkan Imajinasi Positif dan negatif, dengan berimajinasi positif dan negatif hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri anda didepan umum. Imajinasi positif Semisal ketika anda berpidato di depan teman-teman anda, coba bayangkan bahwa anda sedang berpidato didepan Dubes-dubes negara se-ASEAN. Otomatis anda akan berpikir untuk memberikan yang terbaik buat mereka. Namun beda lagi kasusnya jika yang anda hadapi itu membuat anda gemetar horor semisal berpidato di hadapan tim penilai, para penjagal, hantu gentayangan,  saatnya anda mengandalkan imajinasi negatif anda. Anggap saja mereka itu anak TK yang tidak tahu malu dan tidak tahu apa-apa sambil masang wajah bengong melihat anda tampil  berbicara di depan umum. Sehingga anda tidak jatuh mental dalam menghadapi audiens.

5.       Tips apapun yang kami berikan tidak akan berguna tanpa KEMAUAN dan PEMBIASAAN bro. Kecuali jika bro and sist hanya ingin tampil Pede dihadapan patung-patung dan rumput yang bergoyang. Hehehe ... Sekian tips kali ini. ^_^

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.